Konflik dalam Komunikasi Organisasi


 Pada pertemuan kali ini yaitu pertemuan ke-10 oleh kelompok 8 akan membahas mengenai konflik dalam komunikasi organisasi dengan presentator Rodhiatun Widiyanti (20) dan Santi Puspitasari (34). Pada tanggal 19 november 2020 pembahasan materi tersebut di mulai dengan dipimpin salam oleh dosen pengampu dan dan dengan bacaan Basmalah bersama- sama.

Pengertian Konflik
Konflik adalah suatu permasalahan yang
mengakibatkan pertentangan atau pertikaian antara individu
dengan individu maupun dengan kelompok.

Macam-macam Konflik Dalam Organisasi
a. Konflik peranan yang terjadi di dalam diri seseorang (personrole conflict), dimana seorang individu tidak dapat menerima peraturan yang berlaku, sehingga ia tidak melaksanakannya.
b. Konflik antar peranan (inter role conflict), dimana orang menghadapi persoalan karena dia menjabat dua tau lebih fungsi yang saling bertentangan.
c. Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intersender conflict), misalnya seorang dekan fakultas harus memenuhi permintaan yang berlainan para ketua prodi.
d. Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict).
Sedangkan berdasarkan pihak-pihak yang bertentangan, ada 5 macam konflik, yaitu:
a. Konflik dalam diri individu, yang terjadi ketika seorang individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan, ketika berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau ketika individu diharapkan untuk melakukan lebih dari pada kemampuannya.
b. Konflik antar individu dalam organisasi yang sama, hal ini sering diakibatkan oleh perbedaan-perbedaan kepribadian. 
c. Konflik antara individu dan kelompok, yang berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. 
d. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, karena terjadi pertentangan kepentingan antar kelompok.
e. Konflik antar organisasi, yang timbul sebagai akibat bentuk persaingan ekonomi dalam sistem perekonomian suatu negara.

Penyebab Terjadinya Konflik 
Secara umum, konflik terjadi karena;
1. Perbedaan pendapat
2. Salah paham
3. Salah satu atau kedua belah pihak merasa dirugikan
4. Perasaan yang terlalu sensitif
Adapun Menurut Hardjana, A.M (1994) sumber-sumber konflik dalam organisasi sebagai berikut :
1. Salah pengertian karena kegagalan komunikasi
2. Perbedaan tujuan karena perbedaan nilai hidup 
3. Persaingan mendapatkan sumber daya organisasi yang terbatas
4. Masalah wewenang dan tanggug jawab
5. Perbedaan penafsiran terhadap peraturan atau kebijakan
6. Kurangnya kerja sama
7. Adanya usaha untuk mendominasi
8. Tidak menaati tata tertib dan peraturan kerja
9. Perubahan dalam sasaran dan prosedur kerja

Proses Terjadinya Konflik
1. Peristiwa sehari-hari; dimana individu merasa tidak puas dan jengkel terhadap lingkungan kerja. 
2. Adanya tantangan; apabila terjadi masalah, individu saling mempertahankan pendapat dan menyalahkan pihak lain. Karena tiap anggota menganggap apa yang dia lakukan sudah sesuai dengan aturan organisasi, disinilah seseorang lebih mementingkan kepentingan individu dibanding organisasi.
3. Timbulnya pertentangan; masing-masing indvidu atau kelompok bertujuan untuk menang dan mengalahkan kelompok lain.

Cara Menyelesaikan Konflik
Menurut T. Handoko (1984), seorang pemimpin dapat melakukan tindakan alternatif untuk menyelesaikan Konflik dengan cara sebagai berikut;
1. Menggunakan kekuasaan, menanyakan pendapat dengan menyatakan siapa yang setuju dengan pimpinan dan yang tidak hendaknya mengundurkan diri
2. Konfrontasi, yaitu membiarkan konflik demikian agar pihak-pihak memikirkan dan merenungkan kembali pendapat masing-masing
3. Kompromi, dimana ada satu pihak yang mengorbankan sesuatu agar memuaskan pihak yang lain.
4. Menghaluskan situasi – ini meneruskan usaha mempertahakan “statusquo”, akan tetapi pimpinan secara informal berusaha untuk menyelesaikan persoalan terhadap isu yang sifatnya sepele
5. Pengunduran diri, seorang pemimpin melarikan diri dari situasi yang timbul dan tak berusaha untuk meyelesaikannya sama sekali.

Nama : Syafira Refi Oktafiyani
Nim : 1940210014
Kelas : KPI-A3
Mata Kuliah : Komunikasi Organisasi 
Dosen Pengampu : Ibu Primi Rohimi S. Sos M.S.I 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Komunikasi Organisasi

Model Komunikasi Organisasi