Model Komunikasi Organisasi

 

Pada pertemuan ke-11 mata kuliah komunikasi organisasi membahas tentang model komunikasi organisasi yang disampaikan pada tanggal 26 September 2020 oleh kelompok yang beranggotakan Riska Fi'ah Mawanti (25) dan Rahmat Kamal Dafiq (30). Di bawah ini akan saya paparkan mengenai materi model komunikasi organisasi yang telah disampaikan oleh kelompok 9 tersebut.

Pengertian Komunikasi Organisasi

Komunikasi Organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok dari suatu organisasi.

Model Komunikasi

Model Komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses komunikasi yang memperlihatkan kaitan antara satu kelompok komunikasi dengan komponen lainnya.

 Jadi, model komunikasi itu merupakan suatu cara sederhana yang diberikan untuk memudahkan suatu kelompok dalam berkomunikasi.

Model dalam Komunikasi Organisasi

1. Model Komunikasi Linier

Merupakan suatu model komunikasi yang digunakan oleh komunikator untuk memberikan suatu dorongan dan komunikan melakukan respon tanpa mengadakan seleksi dan interpretasi. 

2. Model Komunikasi Interaksional

Model komunikasi ini bersifat dua arah, ada dialog (diskusi) maka dalam model ini terdapat adanya feedback atau umpan balik dari komunikator dengan komunikannya.

3. Model Komunikasi Transaksional

Merupakan suatu model yang dilakukan secara komunikatif sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Komunikasi sebagai Kebutuhan Organisasi

1. Pesan Tugas, pesan-pesan yang berkenaan dengan pelaksanaan tugas kontrol yang diperlukan untuk mempermudah gerakan organisasi 

2. Pesan Kemanusiaan, diarahkan kepada orang-orang dalam organisasi dengan mempertimbangkan sikap mereka.

3. Pesan Pembaharuan, yaitu suatu pesan yang menjadikan organisasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya.

4. Pesan Pemeliharaan, yaitu pesan yang berkenaan dengan kebijaksanaan dan pengaturan organisasi.

Dalam organisasi perlu ditumbuhkan komunikasi yang didasarkan pada sikap saling percaya, menerima (kemampuan berhubungan dengan orang lain tanpa menilai dan berusaha mengendalikannya), empati (memahami orang lain yang tidak mempunyai arti emosional bagi kita.), dan kejujuran (sikap saling percaya antara anggota satu dengan anggota lain.)

Nama : Syafira Refi Oktafiyani

Nim : 1940210014

Kelas : KPI-A3

Mata Kuliah : Komunikasi Organisasi 

Dosen Pengampu : Ibu Primi Rohimi S. Sos M.S.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Komunikasi Organisasi

Konflik dalam Komunikasi Organisasi